Kecepatan waktu dalam memberikan layanan kesehatan sering kali menjadi acuan untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Oleh karena itu, fasyankes harus memilih Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIMK) terbaik agar mutu pelayanannya tetap terjaga.
Pelayanan kesehatan merupakan usaha yang dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan guna mencegah, menyembuhkan, dan memulihkan penyakit yang dialami perorangan, keluarga, ataupun kelompok masyarakat. Umumnya, waktu tunggu menjadi kunci dari penilaian kualitas pelayanan kesehatan yang ada di tengah masyarakat.
Lamanya waktu tunggu atau keterlambatan petugas kesehatan dalam memberikan perawatan sering kali memberikan dampak negatif pada kepuasan pasien dan penilaian kualitas pelayanan kesehatan. Hal inilah yang membuat fasyankes berupaya untuk menghadirkan sistem yang mampu mempersingkat waktu antrean.
Sepertinya sudah bukan rahasia apabila pasien memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Proses mendaftarkan diri di meja pendaftaran hingga masuk ke ruang pemeriksaan dokter memakan waktu yang tidak sedikit, lamanya waktu menunggu ini, kerap kali menjadi penyebab menurunnya tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah klinik menunjukkan pasien rata-rata membutuhkan waktu lebih dari 60 menit atau sekitar 70 menit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Durasi tersebut dapat dikategorikan lama sehingga menyebabkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan berkurang.
Fakta bahwa waktu menjadi masalah krusial yang sering kali memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, beberapa vendor pun hadir untuk menghadirkan solusi berupa sistem manajemen klinik. EMRSampurna menjadi salah satu vendor berpengalaman yang terus berinovasi untuk menghadirkan SIMK yang mampu mendukung seluruh proses pelayanan tanpa perlu menambah jumlah SDM di klinik.
Melalui EMRSampurna SIMK klinik dapat mengatasi berbagai persoalan yang kerap kali muncul pada proses pelayanan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan sistem yang berperan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan:
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, klinik membutuhkan sistem yang dapat dengan mudah dioperasikan oleh tenaga kesehatan agar proses pemberian layanan menjadi lebih cepat dan efisien. EMRSampurna SIMK dirancang dengan model sistem yang mudah dimengerti sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa mengoperasikan sistem tersebut.
Lamanya waktu menunggu kerap kali terjadi karena sistem yang tidak saling terhubung antara meja pendaftaran dengan sistem di ruang pemeriksaan, ruang penyimpanan rekam medis, maupun bagian farmasi. Akibatnya, petugas harus melakukan pemindahan data secara manual.
Untuk menjawab masalah tersebut, EMRSampurna SIMK hadir dengan fitur yang saling terhubung tidak hanya dengan fitur lain di klinik tetapi juga dengan layanan SATUSEHAT dan berbagai perusahaan penyedia layanan kesehatan lainnya. Kelebihan ini tentu dapat membantu mempersingkat waktu antrean pasien.
Untuk mempersingkat waktu pelayanan kesehatan, klinik memerlukan sistem yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Berdasarkan hal inilah, EMRSampurna SIMK hadir dengan fitur berbasis web browser sehingga petugas kesehatan dapat langsung mengakses sistem melalui perangkat pintar, seperti komputer, laptop, atau tablet tanpa harus terlebih dahulu menginstall aplikasi.
Inilah 3 keunggulan EMRSampurna SIMK yang dapat membantu mempersingkat waktu dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di klinik yang Anda kelola. Dengan menerapkan sistem ini, Anda dapat meminimalisir keterlambatan penanganan pasien dan mengoptimalkan kinerja tenaga kesehatan. Ingin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di klinik yang Anda kelola? Hubungi Tim marketing EMRSampurna untuk dapatkan penawaran menarik dan informasi selengkapnya!